INFORMASI

Admin

Admin

PANGKEP -- Peringatan Hari Pahlawan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Pangkep, melaksanakan upacara  di Taman Makam Pahlawan(TMP) Bungoro, Selasa (10/11/20).
 
Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Pangkep, AKBP Endon Nurcahyo. Nampak hadir pula, Plh Sekretaris daerah Pangkep Jumliati, sejumlah pimpinan OPD, Unsur TNI, Polri dan ASN lingkup Pemkab Pangkep.
 
Dikatakan AKBP Endon Nurcahyo, peringatan hari Pahlawan tahun ini, mengajak untuk memaknai semangat perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan yang telah mendahului.
 
"Kita maknai dengan semangat membangun. Mudah-mudahan, apa yang menjadi cita-cita pahlawan bisa kita wujudkan demi mengisi pembangunan nasional yang lebih baik lagi,"katanya.
 
Terkait Pilkada lanjutnya, Polres dan seluruh elemen mengajak masyarakat untuk mencipatakan suasana yang kondusif.
 
"Mudah-mudahan pilkada tahun ini, dapat dilaksanakan secara aman dan kondusif, dan tentu saja menjaga kesehatan kita bersama,"tambahnya.
 
Usai melaksanakan upacara peringatan hari Pahlawan. Dilanjutkan tabur bunga dan doa. (Mcpangkajene)
 
 
PANGKEP -- Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid melakasanakan kunjungan kerja(kunker) ke wilayah kecamatan Liukang Kalmas.
 
Didampingi sejumlah pimpinan OPD, Bupati menumpangi KLM Tiara Mandiri Wanua Adventure, bertolak dari pelabuhan Maccini baji, Selasa(20/10/20).
 
Dikatakan Bupati Pangkep dua priode itu, kunjungannya ini untuk bertemu langsung dengan masyarakat yang berada di pulau terluar Pangkep.
 
"Kita rindu dengan masyarakat yang ada di wilayah pulau terluar, makanya kami kunjungi langsung,"ujarnya sebelum berangkat.
 
Lanjut dikatakannya, kunjungan juga ini untuk mensosialisasikan program-program pembangunan pemerintah kepada masyarakat.
 
"Kita juga akan mensosialisasikan program kerja kepada masyarakat kepulauan. Karena sudah banyak yang telah dilakukan pemerintah namun belum diketahui oleh warga di pelosok terutama di wilayah kepulauan,"katanya.
 
Bupati dan rombongan selama sepekan akan mengunjungi sejumlah pulau wilayah Liukang Kalmas "Rencananya kami akan ke beberapa pulau untuk melihat hasil pembangunan dan menyerap aspirasi masyarakat," katanya lagi.
 
Kecamatan Liukang Kalmas berbatasan dengan Kalimantan Timur. 
 
Waktu tempuh dari pelabuhan Maccini Baji Kecamatan Labakkang, menuju Pulau Kalukalukuang ibukota kecamatan Kalmas diperkirakan selama 18 jam. (Mcpangkajene)
 
 
PANGKEP -- PT Semen Tonasa menyalurkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di desa Baring, Kecamatan Segeri.
 
Bantuan yang disalurkan berupa seng, sebanyak 552 lembar. Bantuan diserahkan langsung oleh PT Semen Tonasa yang diwakili oleh Manager CSR  Abd. Kadir F beserta staf kepada korban bencana dan disaksikan oleh Pelaksana Tugas Desa Baring Dra. H. Ratnawati Safa, Babinsa Desa Baring A. Darwis, Bhabinkamtibmas Desa Baring Edwin di Aula Kantor Desa Baring, Jum'at (30/10/20).
 
Kepala Biro Humas PT Semen Tonasa, Said Chalik, mengutarakan  bantuan sosial seperti ini merupakan salah satu tanggung jawab yang diemban oleh PT Semen Tonasa. 
 
"Dan ini bukan hanya kepada korban bencana angin puting beliung, tetapi juga kepada korban bencana alam lainnya," jelasnya.
 
Bantuan ini juga sebagai wujud kepedulian PT Semen Tonasa yang tetap berkomitmen untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Pangkep dan merupakan wujud tanggap darurat bencana yang diperlihatkan perusahaan, tambahnya.
 
Senada dengan itu, Manager CSR Abd. Kadir F mengungkapkan bahwa bantuan berupa seng yang diserahkan ini sesuai kebutuhan dari masyarakat sesuai data dari perangkat Desa Baring, dimana yang paling penting yang mereka butuhkan adalah material seng.
 
"Bakti sosial atau tanggap bencana yang dilakukan ini, tujuannya jelas sebagai rasa kepedulian kita terhadap sesama, khususnya terhadap warga yang rumahnya menjadi korban bencana alam ini," ucapnya.
 
Sementara itua, pelaksana tugas Desa Baring, Ratnawati Safa sangat mengapresiasi bantuan yang diserahkan oleh PT Semen Tonasa terhadap masyarakatnya yang terkena musibah bencana angin puting beliung yang baru-baru ini terjadi.
 
"Kami sangat berterimakasih kepada PT Semen Tonasa, atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Desa kami yang menjadi korban. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat kami,”urainya.
 
Diketahui, puluhan rumah di desa Baring rusak diterjang angin puting beliug. Kejadiannya, Kamis lalu. (Mcpangkajene)
 
 
Pangkep - Bupati Pangkep,H.Syamsuddin Hamid SE turun langsung melakukan penyemprotan desinfektan. Utamanya jalan poros lintas Sulawesi. 
 
Dengan mengendarai mobil milik pemadam kebakaran (damkar). Bupati Syamsuddin layaknya petugas damkar berada di atas bahu mobil sambil memegang alat semprot. Didampingi para forkopinda serta pejabat lainnya. 
 
"Ini dilakukan untuk mengurangi dan memutus mata rantai Covid 19," katanya di Pangkajene, (30/3) saat memimpin penyemprotan itu. Ia juga mengatakan sebagai tindak lanjut anjuran Kapolri dalam program penyemprotan seragam. 
 
Pemkab Pangkep bekerjasama Polres dan Kodim serta Satpol PP setempat melakukan penyemprotan dengan menggunakan empat unit mobil damkar. Dimulai dari kota Pangkajene menuju arah selatan hingga perbatasan Pangkep-Maros. (Mcpangkajene)
 
 

Pangkep - Nasib malang menimpa seorang pengendara mobil minibus jenis Xenia warna merah maroon dengan nomor polisi DD1472 MM itu dikendarai Ismail (45 tahun). warga Kaworo, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. mobil yang di kendarainya tiba tiba terbakar saat melintas di ujung jembatan Sungai Pangkajene, kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Sulsel). Senin (7/9/2020)

Kejadian tersebut berawal saat mobil milik Ismail melaju dari arah kota Makassar menuju kabupaten Barru, saat melewati jembatan lama sungai Pangkajene tepatnya di Kelurahan Mappasaile, Kecamatan Pangkajene, Pangkep. Dirinya diberitahukan pengendara lain dan melihat ada gumpalan asap yang keluar dari arah depan kap mobilnya, sehingga Ia menghentikan kendaraanya tersebut diujung jembatan sungai Pangkajene.

Saat Ismail turun dari mobilnya itu, tiba tiba api keluar dan langsung membesar membakar bagian depan mobilnya, Iapun hanya bisa pasrah melihat mobil Xenianya tersebut dilalap sijago merah, beruntung dalam kendaraan tersebut tak ada penumpang lain sehingga tak mengakibatkan korban jiwa.

"Saya baru tahu mobil saya terbakar saat diteriaki pengendara lain, Apinya tiba-tiba besar sekali. Jadi saya langsung keluar dari dalam mobil. Tidak tahu mau bagaimana karena apinya besar sekali. Hanya bisa pasrah melihat mobil saya terbakar," tuturnya.

Tak berselang lama mobil pemadam kebakaran Pemkab Pangkep tiba dilokasi dan dengan sigap memadamkan kobaran api yang membakar sebagian badan mobil dibagian depan, kejadian ini sempat membuat macet jalan poros Makassar Barru hingga satu jam lamanya dan menjadi tontonan warga setempat dan pengguna jalan lainnya.

Petugas kepolisian yang tiba di lokasi langsung berusaha mengurai kepadatan lalu lintas di jalan trans Sulawesi ini. kemudian mengefakuasi mobil naas tersebut ke Mapolres Pangkep.

 Anwar, salah seorang saksi mata yang melihat kejadian tersebut mengatakan, api berasal dari bagian depan mobil. Kemudian membesar dan menghanguskan mobil. Kebakaran ini diduga akibat korsleting pada bagian mesin mobil. (mcpangkajne)
 
 

PANGKEP - Bagaikan mimpi di siang bolong, begitu kata warga di Pulau kalukalukuang ibu kota kecamatan Kalmas. Warga tidak menyangka jika Bupati Syamsudin meresmikan penggunaan SPBU yang pertama kalinya di wilayah kepulauan Pangkep.

Impian ini sudah lama didambakan warga.puluhan tahun persoalan BBM menjadi hal yang rumit di wilayah terluar. Karena selain stoknya terbatas juga harganya yang melambung tinggi. Padahal setiap harinya mereka menjadikan BBM merupakan kebutuhan pokok untuk mencari nafkah di laut.

Bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid SE saat peresmian SPBU Rabu (21/10) lalu, juga merasa tidak percaya akan hal ini. ini merupakan doa dari rakyat Liukang Kalmas untuk mendapatkan harga BBM yang sama dengan daerah lainnya. Selain itu banyak yang terlibat dalam kehadiran SPBU di pulau selain aspirasi rakyat juga para anggota DPRD yang getol berjuang serta instansi terkait.

“inilah yang menjadi impian kami setelah puluhan tahun hidup di pulau.Kami ingin mendapatkan BBM yang bisa kami jangkau setiap harinya” kata Magmud, warga Pulau Kalukalukuang yang ditemui Minggu (25/10) .

Seperti diketahui, warga kepulauan Liukang Kalmas khususnya pulau Kalukalukuang dengan mata pencaharian warganya yang umumnya nelayan sangat membutuhkan BBM. Setiap saat pada saat akan melaut biasanya mereka membeli di kios kios pengecer dengan harga yang relatif tinggi. Kecamatan Liukang Kalmas adalah kecamatan terjauh dan mempunyai wilayah yang berbatasan dengan perairan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. (Mcpangkajene)

 

Pangkep – Ketua KPU Pangkep Burhan mengajak pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Pangkep dan tim sukses (Timses) untuk mengimbau warga dan simpatisan menjaga kesehatan dan keselamatan dalam Pilkada di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Burhan dalam sambutannya pada debat publik calon bupati dan wakil bupati Pangkep yang berlangsung di Hotel Gammara, Kota Makassar, Minggu (1/11/2020).

“Selain dari regulasi pemilihan yang harus kita ikuti, juga tentunya yang sangat penting mengikuti protolokol kesehatan,” imbau Burhan.

Lanjut dikatakan, Pilkada kali ini sangat berbeda denga pesta demokrasi sebelumnya, kendati demikian semua tahapan telah berjalan dengan baik.

“Banyak pihak yang mengingkan orang untuk berkumpul, tapi apa boleh buat karena pandemi Covid-19 sehingga tidak bisa berkumpul,” kata Burhan.

Ia juga mengajak Paslon dan Timses untuk bersama-sama mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dalam pesta demokrasi di masa pandemi ini.

“Olehnya itu, tentu kami dari penyelenggara tetap selalu mengingatkan kepada pasangan calon dan tim untuk selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam Pilkada 2020,” pungkas Ketua KPU Pangkep. (Mcpangkajene)

 

Pangkep -- Pemerintah baik pusat maupun daerah telah mengumumkan secara serentak hasil seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Tahun 2019 pada 30 Oktober 2020 lalu. Selanjutnya akan dilakukan pemberkasan dan usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) pada tanggal 1-30 November 2020 dan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS 2019 direncanakan akan ditetapkan per 1 Desember 2020.

Melansir laman Setkab, Senin (2/11), Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan, peserta yang dinyatakan lulus pada saat pengumuman hasil akhir pada 30 Oktober 2020 tidak serta merta dapat diangkat menjadi PNS.

Ada sejumlah verifikasi peserta yang dilakukan, misalnya keabsahan dokumen pendidikan, kesehatan, keterangan tidak pernah diberhentikan sebagai CPNS atau anggota TNI/Polri, dan tidak terlibat dalam politik praktis atau menjadi anggota/bagian dari partai politik (parpol).

“Peserta yang terbukti memiliki keterlibatan dengan parpol dan politik praktis dapat digugurkan kelulusannya. Sejumlah ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS,” demikian dinyatakan Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada seleksi tahun ini BKN akan memroses penetapan NIP CPNS 2019 secara digital melalui aplikasi DocuDigital. Selain itu BKN juga membuka peluang penyampaian sanggahan atas pengumuman hasil seleksi CPNS 2019, selama tiga hari terhitung sejak pengumuman hasil seleksi diterbitkan. Hal itu untuk mengakomodir pengaduan dari peserta terhadap hasil pengumuman yang disampaikan oleh masing-masing instansi.

“Lebih lanjut, unsur yang dapat disanggah adalah hal-hal yang dapat berdampak pada perubahan hasil seleksi. Sanggahan ditujukan kepada instansi yang dilamar dan disampaikan melalui fitur yang tersedia pada website SSCASN,” ujar Paryono

Jika dari hasil seleksi terdapat formasi kosong, maka pengisian formasi kosong untuk instansi pusat dan instansi daerah dapat diisi oleh peserta yang melamar pada jenis formasi lain dengan jabatan, kualifikasi pendidikan, dan unit penempatan/lokasi formasi yang sama, memenuhi nilai ambang batas atau passing grade (PG) SKD formasi umum dan berperingkat terbaik

“Khusus untuk instansi daerah, apabila formasi masih tidak dapat dipenuhi, maka dapat diisi dari peserta yang melamar pada jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama dari unit penempatan/lokasi formasi yang berbeda serta memenuhi nilai ambang batas/PG SKD Formasi Umum dan berperingkat terbaik,” lanjutnya.

Ditambahkan Paryono, apabila terdapat nilai yang sama, kelulusan ditentukan berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 23 Tahun 2019.

“Pengisian formasi kosong tidak bisa diintervensi karena dilakukan melalui sistem terintegrasi dan proses secara digital,” pungkasnya. (Mcpangkajene)

 

PANGKEP – Kasus positif virus korona atau covid-19 di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) masih terus bertambah, hingga saat ini mencapai angka 65 orang warga positif terpapar covid-19.

Dari jumlah total 65 positif, 43 orang dinyatakan sembuh, 5 orang meninggal dunia, dan 14 orang masih tengah menjalani perawatan. Juru Bicara Tim Gugus Penanganan Covid-19 Pangkep, dr Annas Ahmad mengungkapkan, dari presentase kasus angka kesembuhan sebesar 70,8 persen, angka kematian 7,7 persen, dan 21,6 persen menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

“Bersyukur pula karena angka kesembuhan tinggi. Namun demikian, kita berharap dengan kesadaran kita semua untuk terus menjaga protokol kesehatan,”ujarnya, Selasa, 14 Juli 2020.

Lanjut dikatakan, kita berharap bahwa angka kesembuhan terus meningkat mencapai 100 persen tanpa penambahan kasus baru atau meninggal. Hal ini tentu akan dapat tercapai jika seluruh elemen masyarakat benar-benar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas keseharian.

“Siapapun kita, apapun aktivitas kita, mari terus menggunakan masker, tidak keluar rumah jika tidak penting, tidak berkumpul atau menghindari keramaian dan selalu membiasakan diri mencuci tangan,”terangnya.

Ia pun menekankan, guna mewujudkan Pangkep sebagai zona hijau covid-19 adalah hal yang mustahil tanpa dukungan dan keterlibat seluruh elemen masyarakat. Olehnya itu jangan biarkan kami berjuang sendiri, mari kita bersama-sama mengatasi pandemi ini sesuai peran kita masing-masing. “Bila tak bisa berbuat sesuatu, maka minimal berdiam dirumah saja akan sangat bermakna bagi pencegahan penyakit menular ini,”katanya.

Upaya penerapan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) saat ini belum diwacanakan dengan melihat kondisi saat ini. (mcpangkajene)

 

PANGKEP - Satuan tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pangkep yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Pangkep Kompol Andi Muh Zakir melakukan himbauan untuk memakai masker pada pengguna jalan, Selass 21 Juli 2020.

Satuan tugas Gugus Covid-19 melakukan sosialisasi dan himbauan kepada para pengendara motor di jalan Ketimun depan mesjid Mujahidin Pangkep.

"Kami menghimbau para pengendara motor untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, yang tidak pakai masker dihinbau untuk pakai masker", ujar Kabag Ops.

Kegiatan himbauan yang dilakukan oleh tim gugus dihadiri oleh Kasat Pol PP Kabupaten Pangkep, personil Kodim 1421 Pangkep, BPBD Kab. Pangkep dan Dinas Kesehatan. {Mcpangkajene}