INFORMASI

Empat Pasien Terkepung Api, Dirut RSUD Pangkep Perintahkan Evakuasi

 

PANGKEP -- Entah dari mana sumbernya. Api secara tiba-tiba membesar dan menyebabkan 4 pasien di RSUD Pangkep terkepung api. Menyaksikan kondisi berbahaya ini, Dirut RSUD Pangkep, dr Annas Ahmad langsung memerintahkan dilakukan evakuasi.

Tetapi situasi ini hanya merupakan bagian Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangkep saat melakukan simulasi kebakaran di Ruang Asoka RSUD Pangkep, Rabu (8/8/).

Simulasi kebakaran ini dimulai dari pengaktifan alarm kode. Dalam situasi tersebut semua petugas bergerak membawa pasien. Namun, api sudah membesar  dan ada 4 orang pasien di dalam ruangan terkepung api.

Beruntung Direktur RSUD Pangkep, dr Annas Ahmad bertindak cepat, kemudian memerintahkan untuk melakukan evakuasi dan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Pangkep.

Tidak lama setelah dr ahli bedah memerintahkan. Dinas Pemadam Kebakaran Pangkep tiba dan langsung memadamkan api. Para pasien dan petugas di Rumah sakit sempat dibuat panik dengan kejadian tersebut.

Tampak beberapa Petugas dilibatkan dalam simulasi ini.  Ada yang memakai helm biru melakukan evakuasi pasien. Petugas yang menggunakan helm kuning mengamankan alat-alat medis dan petugas berhelm putih mengamankan dokumen-dokumen rekam medik. Sedangkan petugas dengan helm merah membantu memadamkan api.
Seluruh pasien, alat dan dokumen dievakuasi menuju area belakang rumah sakit kemudian selanjutnya dievakuasi ke IGD untuk memperoleh tindakan medik.

Menurut Direktur RSUD Pangkep, dr Annas Ahmad. Meski dari apa yang dilakukan oleh pihak Manajemen Rumah sakit hanya merupakan simulasi. 
"Tetapi hal ini memberikan pembelajaran bagi pihak RSUD jika sewaktu-waktu diperhadapkan dengan situasi sesungguhnya, maka intinya kita harus siap siaga, apabila terjadi kebakaran.  Jadi dari simulasi ini memberikan pengetahuan, bagaimana cara penanganan Kedaruratan dalam peristiwa kebakaran dan tetap berusaha mengurangi rasa panik ," kata dr Annas Ahmad. ( Udi/JW)

Sumber Berita

 

Admin

About: