INFORMASI

Polisi Ungkap Penyalahgunaan ADD Desa di Pangkep

PANGKEP, Damkar – Kepolisian Resort (Polres) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) memberikan perhatian serius terhadap penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD). Hasilnya, penyidik Satuan Reskrim (Satreskrim) menemukan indikasi kuat dugaan Penyalagunaan ADD di dua desa di wilayah kepulauan.

Dua desa itu, yakni Desa Sabaru, Kecamatan Liukang Kalukuang Masalima (Kalmas) yang terindikasi menyalahgunakan ADD mulai tahun 2014, 2015, hingga 2016. Sementara di Desa Mattiro Bone, Kecamatan Liukang Tupabbiring terindikasi pada adanya pekerjaan fisik fiktif pada tahun anggaran 2016.

Kasat Reskrim Polres Pangkep, Iptu Deni Eko Prasetyo, mengungkapkan, dari awal lidik ditingkatkan ke penyidikan dan setelah dilakukan gelar kasus. Kedua desa tersebut terindikasi menyalahgunakan ADD dan terdapat kerugian negara. “Kita sudah gelar kasus, dan ditingkatkan ke tingkat penyidikan dari lidik, dua desa ini sudah di indikasi menyalahgunakan ADD,”ungkapnya, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa 26 Juni.

Dari hasil ekspose ke pihak BPKP terkait indikasi itu, untuk Desa Sabaru, yang telah kita ekspose ke BPKP untuk anggaran tahun 2014-2015, diintruksikan pula untuk menyidik anggaran tahun 2016. “Untuk desa Sabaru ini, hasil penyidikan hampir semua item kerja diindikasi adanya penyalahgunaan, dan hasil ekspose BPKP untuk menyidik pula anggaran tahun 2016,”jelasnya.

Sedangkan, kata Deni, untuk Desa Mattiro Bone pada hasil penyidikan, penyidik menemukan adanya item pekerjaan fisik fiktif, dan telah keluar hasil audit BPKP terkait kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp205 juta. Bukan hanya itu, ditemukan pula adanya kecurangan dimana LPJ pada tahap pertama belum rampung, namun telah dicairkan anggaran tahap kedua. “Insya Allah, pertengahan Juli kita akan gelar di Polda dan segera menetapkan tersangka. Kepala Desa berpotensi akan jadi tersangka,”bebernya.

Diketahui, Kepala Desa Sabaru dijabat oleh Muhammad Usman, sedangkan Kepala Desa Mattiro Bone, dijabat oleh Plt Abdul Rahman, yang juga merupakan ASN staf Kecamatan Liukang Tupabbiring. (awi/mcpangkajene)

Sumber http://diskominfo.pangkepkab.go.id/index.php/berita-pangkep/item/351-polisi-ungkap-penyalahgunaan-add-desa-di-pangkep

 

Admin

About: